Jumat, 06 November 2015

Skripsi #1

Helloo November rain ….. :)

Alhamdulillah sudah memasuki musim penghujan, semoga berkah Allah lebih melimpah di musim ini. Aamiin…

Maaf bloger, udah lama nih aku gak mengisi blog syantikku. Alhamdulillah untuk kedua kalinya, saat ini aku sudah berhasil menyelesaikan skripsiku yang berjudul “Buku Cerita dan Boneka Jari sebagai Media Pengenalan Bahasa Jawa pada Anak Usia Prasekolah di Kota Tegal”.

Perjalanan yang amat panjang, aku memulai mengajukan judul skripsi pada awal bulan desember 2014 dan sangat bersyukur judulku langsung di setujui oleh dosen pembimbing. Tetapi aku memulai skripsi sekitar pertengahan bulan januari, karena ada beberapa faktor termasuk faktor malas.

Ketika memulainya, aku akui skripsi itu benar-benar berat, dengan kebiasaanku yang menyukai dunia tulis menulis di blog ternyata tidak banyak membantu saat aku mengambil mata kuliah skripsi. Berkali-kali aku harus revisi, setiap bab maksimal aku harus 6x revisi, minimal 3x revisi. Pada saat itu, kepercayaan diriku menurun untuk segera menyelesaikan skripsi.

Saat itu pula, aku salah satu mahasiswa yang mengambil skripsi tentang pengembangan. Skripsi pengembangan adalah skripsi yang menghasilkan sebuah produk yang nantinya akan digunakan untuk pembelajaran ataupun refrensi bagi pelajar dan masyarakat umum. Cukup sulit memang membuat sebuah produk yang bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama pelajar.

Nah produk skripsiku sendiri terdiri dari boneka jari, buku cerita anak, papan sandiwara, dan tas tempat boneka. Banyak bukan? Kenapa mesti seribet itu sih? Jawabannya “memang aku gak biasa kalau biasa-biasa aja”. Cukup puas dengan jawabannya? :)

Oke, sekarang untuk menghasilkan semua produk tersebut, aku tidak bisa bekerja sendiri. Aku sangat sangat membutuhkan banyak bantuan beberapa banyak pihak. Yang pertama, aku membutuhkan orang yang dapat menggambar dengan profesional, kedua aku membutuhkan desain grafis, dan yang ketiga aku membutuhkan orang yang menguasai bahasa dialek Tegal. Sebenarnya aku juga membutuhkan orang yang bisa menjahit untuk membuat boneka jarinya, berhubung aku tidak menemukan orang yang mau dipekerjakan dan aku sendiri mampu untuk menjahit, pada akhirnya semua boneka jari aku yang menjahitnya. *cape banget breee

Semuanya sudah kepegang, sekarang bulan demi bulan aku lewatin dibawah tekanan dosbing dan tentunya orangtua, aku juga menekan semua pihak-pihak yang membantu membuat produk skripsiku. *maafkan aku ya mas-mas

Finnaly, tepat pada tanggal 24 Agustus 2015, akhinya aku bisa mempertanggung jawabkan hasil penelitianku di depan dosen penguji dan dosen pembimbing. Alhamdulillah aku ucapkan lagi kepada Allah, sidang skripsiku berjalan amat lancar, hanya sedikit sekali perbaikan yang diberikan oleh dosen penguji. Tepatnya hanya 1 hari saja aku bisa menyelesaikan revisiku dan mendapat semua tanda tangan panitia ujian skripsi. *Alhamdulillah

Saat itu pula, tepat 4 tahun 7 hari, aku bisa menyelesaikan studyku dijenjang S1. Pengorbanan bapak banting tulang untuk aku kini sudah berakhir. Kini saatnya aku memulai hidup baru, bukan di dunia perkuliahan, tetapi di dunia pekerjaan.

Bagaimana teman-teman mahasiswa? Tidak mudah bukan untuk menjadi seorang sarjana sejati? Butuh niat yang kuat, semangat, harapan, serta doa. Tidak ada yang instan di dunia ini, kecuali makanan dan minuman pabrik. Jadi nasehatku untuk teman-teman yang masih skripsi atau yang akan memulai skripsi, tetap semangat, jangan sampai down karena revisian yang terus menerus. Jangan menyerah sama dosbing mu, dosbing juga manusia, mereka semua pasti punya hati. *percayalah

Oke, sekian dulu sesi berceritanya, postingan selanjutnya akan aku tunjukan produk-produk skripsiku.

Selamat malam dan Salam Alohaaaaaa :D




Tidak ada komentar :