Senin, 27 Januari 2014

Pagelaran Ketoprak




Ketoprak ?
Apa sih itu ketoprak ?
Mungkin sebagian orang Jawa tau apa itu ketoprak walau mungkin tidak semua orang Jawa pernah melihat atau menyaksikan pertunjukan ketoprak.
Yup, ketoprak. Ketoprak adalah salah satu kesenian masyarakat Jawa yang dimainkan oleh orang atau didalam bahasa Jawanya “wong”, sehingga ketoprak biasa disebut wayang wong. Secara garis besar, ketoprak lebih banyak memainkan cerita dengan tema epos atau kepahlawanan tentang kehidupan kerajaan-kerajaan pada jaman dahulu. Ketoprak sendiri awal mulainya berasal dari kota Pati, nah kesenian ketoprak banyak dijumpai di kota tersebut. Pemain-pemain ketoprak yang hebat juga banyak ditemui disana. 


Poster ketoprak kelas ku

Pada kesempatan kali ini, di semester 5, kami mahasiswa jurusan bahasa dan sastra jawa berkesempatan untuk mengadakan pagelaran ketoprak. Tiap kelasnya diminta untuk memainkan ketoprak dengan cerita tertentu. Tidak mudah memang, dari segi bimbingan kita sangat kekurangan, apalagi financial sangat banyak diperlukan disini untuk mendukung acara pagelaran supaya bisa berjalan dengan lancar. Jatuh bangun kita semua satu angkatan sungguh nikmat sekali, untuk menggelar pagelaran ketoprak ini, kami satu angkatan kira-kira bisa menghabiskan uang sekitar 20 juta keatas jika dijumlah secara keseluruhan.
Pagelaran ketoprak diselenggarakan selama 2 hari dari jam 8 malam hingga 1 tengah malam. Belum lagi panitia yang pulangnya itu jam 3 malam sampai jam 4 malam. Sungguh pengalaman yang luar biasa. Tidak hanya uang yang kita sumbangkan, tenagapun kita sumbangkan dengan maksimal, sehingga banyak diantara kita yang sakit sehabis acara selesai.
Yah itulah pagelaran ketoprak angkatan 2011 jurusan bahasa dan sastra Jawa Unnes. Semoga kegiatan ini bisa menjadikan pengalaman yang bernilai untuk kita semua dikemudian hari. Amin :)
Sekian dan salam Alohaaaaa :D

Tidak ada komentar :