Jumat, 18 April 2014

Festival Jajanan Kuna dan Pagelaran Kesenian Khas Tegal


Hari ini, tanggal 18 April 2014 tepatnya hari jumat, aku, mamah, adik, dan keempat anak kos yang ngekos di rumah beramai-ramai pergi ke alun-alun Tegal. Karena eh karena (ala Roma Irama) di alun-alun kota Tegal sedang dilangsungkan “Festival Jajanan Kuna dan Pagelaran Kesenian Khas Tegal”. Festival ini berlangsung dari hari Kamis-Sabtu tanggal 17-19 April 2014.
Pagi ini pukul 9 pagi, kami semua berangkat menggunakan angkutan umum. Walau pagi itu cuaca sangat terik, tak bisa mengurungkan niat kami untuk hunting makanan tradisional. Sesampainya di alun-alun, ternyata sedang berlangsung juga lomba sepak bola. Tapi kami langsung cuss ke stand-stand makanan yang sudah terjajar rapi di tengah lapangan.

Tata, adikku dan Si Rabbit

Viola, stand-stand tersebut ternyata sudah dipenuhi oleh warga kota Tegal. Antusiasme warga kota Tegal ternyata bisa diacungi jempol looh. Oh iya festival jajanan ini diikuti oleh semua kelurahan di kota Tegal. Setiap stand menjual jajanan yang telah dibagi-bagi sebelumnya, jadi cara ini meminimalisir kesamaan jajan yang dijual oleh banyaknya stand. Sehingga masyarakat juga lebih banyak pilihan jajanan yang bisa mereka borong.hehe

aneka stand jajanan

Tak hanya stand yang bisa kita temuin disana, ada juga satu panggung besar yang memimpin didepan stand-stand berada. Panggung tersebut dengan ramainya menyuguhkan aneka pagelaran kesenian yang ada di kota Tegal. Waktu aku tiba disana, ada sekelompok anggota rebana yang akan tampil memeriahkan acara. Setelah kelompok rebana telah selesai mempersembahkan keahliannya didalam memainkan alat musik terbang. Kemudian gak berapa lama tampilah 5 anak-anak menarikan sebuah tarian dengan memegang kain batik (maaf gak sempat dengar mc bicara jadi gak tau nama tariannya).

penampilan kesenian khas Tegal

Kami juga membeli banyak sekali jajanan, antara lain bongko pisang, bongko roti, kuran, cucur, bogis, ongol-ongol, bubur cadil, martabak telor, tahu aci, dan krupuk kulit ikan. Sepertinya hanya itu, ntah ada yang lupa aku sebutkan atau tidak.hehe.. Pokoknya kami bener-bener ngelilingi satu-satu semua stand yang ada. Sehabis puas memborong jajanan, kami melepas lelah di pedestrian pinggir lapangan sambil memakan jajanan yang telah kami beli.

aneka jajanan tradisional

Ketika hendak pulang, kami berpapasan dengan ibu wali kota yang sekarang, yaitu Bunda Sita Mashita Suparno. Dan ntalah apa yang membuat mamahku mengahampiri beliau untuk hanya bersalaman dan just say hello (biasa ibu-ibu -_- )haha.. Setelah menunggu mamah selesai ber say hello dengan ibu wali kota, kita meneruskan perjalanan pulang dan berjalan kurang lebih 600 meter untuk mendapatkan angkutan umum. Itulah perjalanan kami hari ini, semoga kalian yang tinggal di kota Tegal tapi belum sempat kesana, segera kesana ya, besok hari terakhir loh...

foto-foto saat lagi ngadeem ^^

Happy weekend dan Salam Alohaaaa :D

Tidak ada komentar :