Minggu, 10 November 2013

Refleksi Hari Pahlawan


Selamat Hari Pahlawan... :)
Masih ingetkan kenapa sampai diperingati hari pahlawan pada tanggal 10 November ?
Tentunya inget dong, kan udah ada pelajarannya waktu kita sekolah dulu.hehe
Yaudah yang masih agak lupa, aku ingetin lagi yaaa....
Jadi dulu pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran antara rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda di kota Surabaya. Pada saat itu, pertempuran tersebut merupakan pertempuran paling besar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional Indonesia. Salah satu tokoh pejuang saat itu yang sangat gagah berani adalah Bung Tomo. Masih ingat kata-kata Bung Tomo yang “MERDEKA atau MATI” ?
Sungguh luar biasa bukan? Jadi kenapa sekarang kebudayaan kita dijajah malah kita enak-enakan aja dan santai-santai aja? Dimana rasa hormat kita sama kakek buyut kita yang udah mati-matian berjuang buat negara ini, dimana negara ini jadi tempat lahir dan tempat menetap kita? Seharusnya kita para penerus bangsa malu akan hal ini, peringatan Hari Pahlawan tidak hanya sekadar untuk mengenang jasa-jasa beliau yang telah gugur. Tetapi diharapkan pada tanggal yang katanya sebagai Hari Pahlawan ini, kita semua bisa membenahi diri kita supaya menjadi pribadi yang terus merdeka di negara sendiri.

 Bukan terus-terusan dijajah oleh bangsa lain, penjajahan pada zaman sekarang tidak sama dengan zaman dahulu. Memang sekarang tak ada lagi perang, tetapi kita tetap menjadi orang yang selalu dijajah. Hal yang paling jelas adalah penjajahan pada kebudayaan kita sekarang ini. Banyak sekali tontonan yang tak pantas ditayangkan di negara ini, dari tontonan-tontonan tersebut membuat banyaknya prilaku-prilaku seronok anak bangsa kita. Kekerasan kepada teman bahkan keluarga, gaya pakaian yang tak pantas, angka kehamilan diluar nikah yang semakin tinggi, banyaknya band-band yang tidak mencerminkan kepribadian bangsa ini, gaya hidup yang berlebihan sehingga menimbulkan dampak korupsi dimana-mana untuk menunjang gaya hidup para pemimpin rakyat, dan masih banyak lainnya.
Maka sekarang mari kita benahi kehidupan kita untuk masa depan negara tercinta kita. Janganlah terus-terusan dijajah oleh kebudayaan bangsa lain. Kita dilahirkan di negara yang penuh dengan unggah-ungguh bahasa, tindakan kita yang penuh dengan kesopanan dan tidak pernah bertindak asusila. Tapi kenapa sekarang ini, saya seperti hidup di negara asing yang penuh dengan kekacauan sehingga untuk menemukan orang-orang yang peduli dengan sesamanya saja sangat susah. Hidup terasa lebih berat di negara ini, tak ada kepedulian sama sekali terhadap bangsa dan negara ini, bahkan para pemimpinpun enggan melihat atau bahkan melirik nasib serta kehidupan rakyat-rakyatnya.
Jadi di hari ini, hari dimana kakek buyut kita telah berusaha mati-matian untuk mendapatkan kemerdekaan, kita seharusnya sadar dan dapat membenahi diri kita jangan malah dibalas dengan kelakuan kita yang sangat menjijikan ini. Masih bersyukur kita bisa menikmati hidup tanpa ketakutan akan serangan musuh-musuh yang siap dengan senjatanya. Jadi tolonglah sama-sama kita perbaiki keadaan negara kita tercinta untuk membuat para pahlawan kita tersenyum lebar ditempat peristirahatannya.
MERDEKA !!!
MERDEKA !!!
MERDEKA !!!
Salam Alohaaa... :)

Tidak ada komentar :