Kamis, 24 Oktober 2013

Rangkaian Sayur


  bude atun & mamah

Seperti  yang kita tahu, sekarang ini banyak sekali karya seni yang dibuat oleh orang-orang kreatif. Benda apapun bisa dibuat karya seni baru yang sangat menakjubkan. Kalian bisa cari di google aja karya seni apapun pasti dapat ditemukan di google. Sekarang ini sedang tenar karya seni yang bahan utamanya menggunakan buah dan sayur. Ukiran bunga yang diukir di atas buah semangka, melon maupun labu kuning sangatlah mempesona. Begitu detailnya setiap sudut ukiran sehingga didalam membuatnya juga dibutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi.
Lain buah lain juga dengan kerabat dekatnya yaitu sayuran. Sayuran juga sekarang bisa dijadikan bahan untuk membuat sebuah karya seni kelas dunia. Seperti membentuk wajah manusia dengan susunan-susunan aneka sayur yang utuh. Atau membuat rangkaian-rangkaian pemandangan yang dibuat dari aneka sayuran. Kepopuleran karya seni dengan sayuran ini sudah masuk di kota-kota kecil seperti kota Tegal.
Tepatnya tanggal 8 oktober 2013 kemaren, pemerintah kota Tegal mengadakan lomba merangkai sayur. Lomba ini diikuti seluruh kelurahan atau kecamatan yang ada di kota Tegal. Biasanya tiap kelurahan atau kecamatan diambil satu perwakilan yang terdiri dari dua orang untuk mengikuti lomba tingkat kota ini. Kebetulan sekali perwakilan dari kelurahan kemandungan adalah mamah, kemudian mamah menggandeng bude atun untuk menjadi partnernya.
Lomba yang diadakan oleh kota Tegal ini diikuti sebanyak 27 perwakilan. Aspek penilaian dilihat dari kreatifitas peserta, kerapian dalam merangkai sayur, keindahan, dan kesegaran sayuran. Kemudian ada lagi, bahwa didalam merangkai sayur tidak diperbolehkan menggunakan kawat, harus menggunakan bahan-bahan yang aman seperti lidi. Nah fatalnya, karna ketidaktahuan mamah, beliau menggunakan bantuan kawat didalam merangkai kerajinannya. Alhasil mamah hanya mendapatkan juara harapan ke dua, alhamdulillah....daripada gak sama sekali.haha


tema : kapal laut

tema: kura-kura dalam penangkaran

tema: taman warung hidup

tema: penggembala kambing

tema: burung

tema: pemukiman/dusun

Itulah sekilas tentang lomba merangkai sayur pada tanggal 8 oktober kemaren. Teruslah berkreasi untuk pemuda Indonesia !
Salam kreatif dan salam Alohaaaa.... :D

Tidak ada komentar :