Jumat, 22 Agustus 2014

PRAMUKA? Oh… NO (Part 1)

Tahun ini masih memasuki awal pelajaran kan? Nah, ternyata selain ada perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013, ada pula kebijakan baru lagi. Yaitu untuk seluruh sekolah diadakan WAJIB Pramuka, jadi tidak hanya untuk kelas 1 saja, kelas 2 pun juga, untuk kelas 3 sepertinya belum terlalu diwajibkan, karena mereka sedang dipersiapkan untuk Ujian Nasional.

Pada semester 7 ini aku praktik mengajar di salah satu sekolah negeri di Magelang. Nah berhubung ada program wajib pramuka, jadi kami pun ikut membantu menjalankan program tersebut di sekolahan. Singkat cerita, aku memasuki kelas kemudian disuruh mengisi materi, padahal aku udah lupa semua tentang pramuka, wajar sih udah kira-kira 5 tahun gak ngikutin pramuka. Jadi ya harap maklum kalau tadi aku bener-bener gak siap ngisi kelas.

Kemudian aku diberi lembaran materi oleh anak kelas 9 sebut saja mereka (DKP). Setelah aku baca, blasss aku ora mudeng. Materi itu berisi tentang “Peta Pita”, kalian pernah dengar istilah itu gak?? Mungkin yang aktif pramuka tau kali yee, lah temen-temenku yang lain juga cuma bisa geleng-geleng kepala.

Oke gapapa, keep calm aja,hihihi… Jadi aku cuma mendekte mereka tentang materi “Peta Pita”, untuk penjelasan lebih lanjut aku bilang aja untuk pertemuan selanjutnya.hahaha….

Lalu, anak-anak tak minta aja untuk nyanyi sama-sama, dan tentunya lagu pramuka daerah magelang sama Tegal beda bangeet bangeet dan bangeet. Jadi aku cuma bisa diem dan ikutin sedikit-sedikit gerakan mereka. Mau ngajarin lagu pramuka yang dulu pernah diajarin juga aku dah lupa, jadi pasrah aja deh.

Setelah udah kehabisan pikiran mau ngapain, akhirnya aku ajak mereka cerita pengalaman mereka waktu mengikuti kemah kelas 7. Dan bla bla bla, ujung-ujungnya jadi cerita hantu.hahaha

Anak-anak antusias banget waktu aku mulai cerita tentang  hantu gtu deh, dari mulai si penggemar iket rambut sampe si penyuka ribonding.wkwkwkwkwk

Oke jadi intinya, jangan sampe kalian para  mahasiswa yang lagi praktek di sekolah ngikutin gaya mengajarku. Ketika kalian diminta mengikuti kegiatan pramuka di sekolah, yang pertama harus kalian lakuin adalah; 1. Cari bahan/materi yang masih berhubungan dengan pramuka untuk diberikan  pada siswa didik, 2. Catat inti-intinya di buku note mu, 3. Berangkat pramuka dengan perlengkapan yang lengkap, 4. Stay cool aja, unjuk gigimu yang putih dan rapi itu, 5. Masuk kelas dan pura-pura kalian emang menguasai tentang pramuka.hahahaha

Itu aja sih saran dari aku, pokoknya persiapin diri kalian bener-bener, jangan sampai memberi materi yang bener-bener keluar dari pramuka. :D


Sekian dulu ya, Happy Friday dan Salam Alohaaaa…

Tidak ada komentar :