Rabu, 19 Juni 2013

Pameran Seni Rupa DKV



Hari kamis tanggal 20 Juni 2013, aku kembali ke kampus setelah tiga hari libur karena adanya SBMPTN. Ketika memasuki gedung B8, ada sesuatu yang menarik di lobi lantai 1 gedung tersebut. Berjajar dengan rapih papan tulis yang telah ditempeli dengan poster-poster. Ketika melihat poster-poster tersebut aku masih agak bingung, karena poster-poster tersebut berisi dan bergambar sebuah produk seperti sampoo. Tetapi anehnya desain produk sampoo tersebut beda dengan desain asli produk yang sebenarnya.
Saat aku sedang melihat-lihat poster tersebut, datanglah seorang lelaki mendekat. Kemudian tanpa sungkan-sungkan aku bertanya kepada anak tersebut maksud dipajangnya poster-poster disini. Menurut penjelasannya, poster-poster tersebut sengaja dipamerkan di B8 untuk memamerkan hasil-hasil redesain atau repositioning produk-produk yang dibuat oleh mahasiswa jurusan seni rupa konsentrasi DKV (desain kiomunikasi visual). Ini merupakan tugas dari dosen yang menuntut mahasiswanya berinovasi dalam meningkatkan pemasaran produk-produk yang ada di pasaran.  


 
 contoh repositioning deterjen so klin untuk bayi

Aku akui desain yang mereka buat memang keren-keren bangeeeet. Dari makanan, minuman, hingga produk-produk yang ada di dapur yang mereka redasain ulang. Ditemui mas Brian Harriz pada saat pameran, ia menunjukan desain yang ia buat kepadaku. Dia ternyata mendapat produk molto, dia mendesain ulang pewangi molto menjadi maskulin. Jadi wanginya itu tidak melulu wangi harum-haruman bunga seperti ibu-ibu, dia menginovasinya menjadi pewangi pakaian untuk anak muda.

 
Brian Harriz dengan desain  repositioninnya 


Tidak hanya mendesain kemasan produknya saja, mereka juga mendesain untuk iklan cetak, kemudian in store media hingga merchandise untuk para penjual dan konsumen. Iklan cetaknya sendiri meliputi desain placemet majalah, koran, tabloid hingga billboard. In store media meliputi flag chain, wobble sampai standing x banner dan yang terakhir desain merchandise seperti desain kaos, topi, pin, stiker dan gantungan kunci. Itulah desain-desain ulang yang harus mereka kerjakan untuk memenuhi tugas dosen.
Setelah puas melihat-lihat dan bertanya dengan mahasiswa jurusan seni rupa DKV semester 4, akhirnya aku pun meninggalkan pameran tersebut. Itu lah sekilas tentang pameran hasil dari tugas mahasiswa semester 4 fakultas bahasa dan seni jurusan seni rupa konsentrasi DKV. Sekian dan salam Alohaaa.... :D