Selasa, 17 September 2013

Pentingnya orang tua untuk perkembangan anak :)


Pikiranku sekarang mbulet gimana nanti kalau besok aku nikah dan punya anak. Oh tidaaaaak... :O

Aku bener-bener pengen jadi ibu dan orang tua yang terbaik untuk anakku. Cara orang tuaku mendidikku adalah sebuah pembelajaran untukku di masa depan. Ada baik dan buruknya mereka mendidikku selama 20 tahun sudah. Seharusnya aku bisa mengambil yang baik-baik dari orang tuaku dan memperbaiki kesalahan-kesalahan mereka dengan mengubah cara didik atau pola asuhku kepada anak-anakku kelak. Sehingga aku memutuskan untuk belajar menjadi ibu yang sempurna untuk anakku kelak mulai sekarang. :)

Sejak tiga bulan belakangan ini, aku mulai membeli buku-buku tentang perkembangan anak, seperti teknik mengajari anak belajar,dll. Aku memang suka dengan dunia anak-anak, bahkan aku masih seperti anak SD. Aku lebih suka lagu anak-anak daripada lagu dewasa, dan alhasil ga ada satu lagu dewasapun yang aku hafal, hanya bisa menyanyi bagian reff saja.haha... Aku juga masih suka banget sama film kartun, jarang banget suka film percintaan, paling pol aku suka film action dan horor. (-_-“)

Dunia anak itu ceria, bebas, ekspresif dan imajinatif. Satu yang kita orang dewasa seharusnya belajar dari anak-anak, mereka tidak pernah memikirkan sesuatu hingga berlarut-larut. Dalam arti seperni ini, anak kecil tidak pernah menyimpan marah, dendam ataupun kebencian kepada seseorang. Mereka selalu bisa memaafkan dan dengan mudah melupakan kesalahan orang lain kepada dirinya. Seperti contohnya ketika ia dinakalin temannya, terus anak tersebut menangis, si anak akan berhenti menangis jika temannya tersebut sudah minta maaf kepadanya, maka ia akan langsung memaafkannya dan ke esokan harinya akan bermain bersama temannya lagi.

Dengan mengerti dunia anak-anak, aku jadi semakin tertarik dengan masa perkembangan anak sejak di dalam kandungan hingga lahir sebagai bayi yang super mungil dan imut itu. Dari penelitian yang mengatakan bahwa kecerdasan anak sudah dapat dilatih sejak berada di dalam kandungan juga membuatku makin penasaran dengan dunia ibu hamil dan bayi. Jadi  mulai bulan agustu, aku mencoba membeli buku dan majalah tentang dunia ibu dan anak. Dari buku-buku tersebut aku belajar banyak sekali tentang hal-hal yang menakjubkan di dunia ini. 

majalah dan buku tentang ibu dan bayi

buku-buku tentang perkembangan anak

Walaupun aku masih terbilang muda untuk melangkah ke jenjang pernikahan, tapi aku bertekad untuk belajar dari sekarang tentang semua hal yang akan membimbingku menjadi orang tua yang sempurna untuk anakku. Karena aku selalu yakin bahwa ibu memang diciptakan untuk melindungi dan mengurus anak-anaknya walaupun ia harus bekerja di luar rumah. Anak yang pandai, berbudi pekerti luhur dan mempunyai sejuta kreatifitas adalah cermin dari didikan orang tua di rumah. Anak ibarat kertas putih, kita calon orang tua ataupun yang sudah menjadi orang tua ada yang menentukan sketsa di atas kertas putih tersebut. Selanjutnya anaklah yang akan membangun sketsa-sketsa tersebut menjadi yang ia inginkan.

Jadi buat kalian calon orang tua dan para orang tua jangan sembarang mendidik anak kalian yaa... Jika kalian ingin menjadikan anak kalian yang terbaik maka berikanlah mereka contoh yang baik. Karena anak akan meniru apa yang dilakukan orang tua bukan meniru yang orang tua katakan. Maka, dapat dikatakan bahwa anak adalah pantulan bayangan dari cermin dan cermin itu adalah kalian semua. :)

Semoga tulisan ini dapat menyadarkan kalian akan pentingnya pendidikan pertama bagi anak kita melalui para orang tua. Selamat merenung dan salam Alohaaa :D

Tidak ada komentar :