Minggu, 19 Mei 2013

Go Green


Selamatkan bumi sambil berhemat, itulah yang harus dilakukan oleh kita. Bumi memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah, tetapi semakin banyaknya populasi manusia, maka semakin berkurang juga persediaan sumber daya alam bumi ini. Jika kita tidak bisa menghemat pemakaian sumber daya alam yang tersedia, maka anak cucu kita tidak akan merasakan apa yang telah kita rasakan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk selamatkan bumi dari punahnya sumber daya alam.

Pertama, STOP pemborosan kertas.
Kertas adalah sesuatu yang sepertinya tidak berharga untuk kita, kertas bisa dibeli kapanpun kita membutuhkannya. Kadang kita hanya memakai kertas untuk corat-coret biasa, lalu langsung dibuang begitu saja. Taukah kalian, bahwa kebiasaan tersebut sangat-sangat merugikan. Mulailah memakai kertas dengan sebaik-baiknya, karena dengan menghemat pemakaian kertas kita bisa membantu mengurangi polusi dan penggunaan energi yang berlebihan dalam proses produksi. Dengan menghemat kertas kita juga bisa mengurangi penebangan pohon-pohon yang setiap harinya ditebang untuk pembuatan kertas. Jika kita sudah bisa menghemat pemakaian kertas, maka kita bisa menjadikan bumi menjadi lebih hijau lagi.


Kedua, Dukung PRO lingkungan
Dengan kegiatan sekecil apapun di rumah, seperti mematikan listrik yang tidak perlu, menyiram  tanaman dengan air tampungan hujan, dapat membantu dalam menghemat sumber daya alam. Mulailah menanami lahan kosong di rumah kita dengan tanaman-tanaman yang bisa tumbuh subur di lahan kita. Gunakanlah pupuk dan insektisida alami yang ramah lingkungan, pangkas rumput secara manual tanpa mesin pemotong rumput. Dari hal-hal kecil yang dilakukan di rumah, kita akan menciptakan rumah sehat dan tentunya dapat mendukung lingkungan.

Ketiga, tingkatkan konsumsi organik
Bercocok tanam secara organik menghasilkan produk yang lebih aman dan sehat bagi kita. Kegiatan bercocok tanam secara organik juga tidak mencemari lingkungan kita. Maka, marilah mulai sekarang biasakan mengkonsumsi hasil bumi organik untuk kesehatan kita dan kelestarian bumi. Langkah yang bisa dilakukan di rumah anda yaitu dengan menanam sayur mayur organik di kebun rumah untuk kebutuhan anggota keluarga, perbanyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran segar dan makanan yang banyak mengandung serat, kurangi makanan berlemak hewani, dan kurangi konsumsi minuman dalam kemasan.

Keempat, lestarikan ekologi.
Pencemaran lingkungan juga berdampak pada satwa di lautan. Polusi dan eksploitasi yang berlebihan menyebabkan ikan serta spesies tumbuhan laut tercemar dan bahkan terancam punah. Hal ini menyebabkan para nelayan yang menggantungkan hidupnya di lautan dapat terancam kehilangan mata pencahariannya. Hal yang bisa kita lakukan adalah memberi dukungan bagi gerakan penyelamatan hutan dan satwa liar. Mulai sekarang gunakan air secara hemat dan secukupnya, kurangi penggunaan sabun deterjen untuk mencuci karena merusak lingkungan, berhenti merokok karena selain membahayakan kesehatan juga dapat mencemari udara disekitar kita, serta hindari penggunaan styrofoam untuk tempat pembungkus makanan.

Kelima, ayo daur ulang.
Beberapa ancaman terhadap sumber daya bumi di masa mendatang berasal dari benda-benda yang kita buang setiap hari. Oleh karenanya berhati-hatilah membuang limbah berbahaya, seperti aki mobil yang telah usang atau berbagai limbah rumah tangga yang dapat mencemari lingkungan. Lebih banyak sampah yang kita buang maka akan semakin luas lahan pembuangan limbah yang diperlukan. Cara mengurangi limbah yang menggunung dengan cara mendaur ulang, membuat lubang biopori, serta mengubah sampah organik menjadi kompos. Kegiatan di rumah yang bisa dilakukan yaitu anda dapat menyediakan tempat sampah organik dan non organik sehingga memudahkan sampah untuk di daur ulang, ganti kantong-kantong plastik belanja dengan tas kain yang dapat digunakan berulang kali, gunakan kotak makan yang dapat dicuci dan dipakai kembali  setiap kali anda membeli makanan untuk dibawa pulang, dan masih banyak yang lainnya.

Keenam, jalankan hidup ekologis.
Pola hidup ekologis sepatutnya kita mulai dari rumah dimana kita tinggal. Banyak hal dapat dilakukan untuk membantu mengurangi polusi dan pemakaian energi serta sumber daya alam. Mulai dari kecil seperti mengurangi air buangan kamar mandi, menggunakan air conditioning untuk menghasilkan air panas di kamar mandi kita, sampai dengan hal-hal besar seperti pengembang yang membangun rumah tinggal dengan mengacu pada prinsip eco-living. Ada beberapa pola hidup ekologis, seperti terapkan pola hidup 3R, yaitu recycle, reuse, dan reduce. Pilih dan gunakan produk elektronik yang hemat energi, gunakan lampu CFL untuk menghemat listrik, upayakan sirkulasi udara dan cahaya yang memadai di rumah anda sehingga mengurangi penggunaan listrik, dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa cara untuk mendukung lingkungan kita, mulailah dari sekarang, jangan menunggu bumi mengeluarkan peringatannya langsung ke kita umat manusia. Jika kita tinggal di atas bumi ini, maka kita wajib menjaga dan merawat bumi ini. Hanya dari kesadaran dan dukungan kalian, bumi kita ini dapat tetap lestari hingga beratus bahkan berjuta tahun kemudian.

Salam konservasi dan salam Alohaaa... :)

Tidak ada komentar :