Selasa, 16 April 2013

Kelebihan dan Kekurangan Asparagus



Seperti yang kita ketahui, asparagus adalah salah satu tumbuhan yang masuk ke dalam kelompok sayuran. Asparagus sendiri sudah mulai terkenal di Indonesia karena manfaatnya yang luar biasa. Tumbuhan asal Eropa ini berbentuk seperti batang kayu, jika tumbuh besar hampir menyerupai tumbuhan bambu tetapi tingginya sekitar 1-2 meter dengan daun yang sangat rimbun. Hanya batang mudanya saja yang bisa diambil untuk dikonsumsi oleh manusia. Jika batangnya sudah menjadi keras seperti kayu dan kuncupnya mekar serta menghasilkan buah, maka buah itu sangat berbahaya untuk dikonsumsi oleh manusia.

     Salah satu manfaat asparagus adalah untuk menurunkan berat badan. Kelebihan berat badan terjadi karena menumpuknya air dan garam pada tubuh yang berlebihan. Asparagus disini berfungsi untuk mengeluarkan air dan garam yang berlebihan di dalam tubuh kita melaui urin. Sehingga asparagus cocok untuk dijadikan terapi untuk orang yang ingin berdiet. Manfaat asparagus yang lain adalah untuk ibu hamil. Pada saat ibu mengandung, dia membutuhkan banyak sekali asam folat untuk membantu pembentukan saraf-saraf jaringan pada otak bayi. Asparagus sendiri mempunyai kandungan asam folat tertinggi dibandingkan sayuran lainnya. Jadi sangat dianjurkan untuk ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi untuk menghindari kecacatan pada tabung saraf otak, karena itu dapat berpengaruh terhadap kecerdasan anak di dalam kandungan. 

     Karena banyaknya manfaat dan kandungan yang terdapat pada asparagus, menjadikan sayuran ini bernilai jual tinggi. Harga perkilogram asparagus dari mulai 40.000-70.000/kg-nya. Tapi gak semua yang baik itu selamanya baik ya, asparagus juga harus dihindari oleh orang-orang tertentu, seperti orang yang mempunyai asam urat. Asparagus mengandung zat purin yang sangat tinggi dan purin tersebut akan berkumpul dipersendian-persendian, sehingga akan menyebabkan linu pada penderita asam urat. Yang kedua, asparagus disarankan untuk dihindari oleh orang-orang yang mempunyai tingkat kesensifitasan terhadap bau-bauan, karena asparagus mengandung sulfur yang tinggi seperti pete dan jengkol sehingga dapat menyebabkan bau pada urin. 

     Yups, itulah manfaat dan kekurangan asparagus yang bisa saya share disini. Seperti yang kita tahu, Allah pasti telah menciptakan semua makhluknya dari manusia-tumbuhan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita dibiarkan memilah-milah dan mengelolanya sendiri untuk kelangsungan hidup manusia di dunia ini. Sehingga kita tidak boleh takabur dan serakah atas apa yang telah Allah berikan, tetapi kita harus menjaga serta melestarikankan untuk kebaikan kita sendiri. Kurang lebihnya seperti itu, jangan lupa selalu sebarkan manfaatkan untuk orang lain ya. :)

Selamat malam dan salam Alohaa... :D

6 komentar :

Kami Peduli mengatakan...

wah..mas baru tau ada sayuran itu.hehe..
tp lo pnya sayur itu harus pinter2 ya..soalnya td kata.a berbahaya kalo buahnya udah ada.hehe..
bermanfaat sekali..jadi pengin nyoba ni de..

Unknown mengatakan...

Heh, kalau buahnya ada ya ga mungkin dijual lah...kecuali kalau mau buat ngeracunin tikus.haha
Kamu bisane baru tau sih?? kaya gak punya tv aja (-_-")

Jejak Langkahku mengatakan...

wah..terima kasih infonya...

Unknown mengatakan...

sama--sama mba endah :)

Unknown mengatakan...

asparagus kaya apa ya rasanya? :O

Unknown mengatakan...

Aku sering makan asparagus,hehe