Minggu, 28 April 2013

Partisi Imajiner


Tips

     Membuat ruang makan yang menyatu dengan ruang keluarga adalah solusi yang tepat di lahan yang terbatas. Tanpa adanya penyekat, ruang-ruang terasa lebih lega. Namun karena dua fungsi ruang tersebut berbeda, ada baiknya anda memberi pemisah antar ruang. Pemisah ini tidak melulu berupa partisi yang berwujud, namun bisa juga berupa partisi imajiner.
Berikut cara memisahkan ruang keluarga dan ruang makan, tanpa harus membuat partisi atau penyekat.


1.       Membedakan warna atau material
Perbedaan warna dan material adalah salah satu cara paling gampang untuk membuat ruang menyatu terlihat terpisah. Perbedaan ini dapat dilakukan pada dinding. Namun jangan sampai dinding terlihat belang-belangg karena menggunakan warna yang berbeda. Cukup aplikasikan warna berbeda di salah satu dinding di belakang ruang keluarga, atau dinding di belakang meja makan. Jika ragu menggunakan warna dinding, beri sentuhan material yang berbeda. Misal dinding ruang keluarga menggunakan wallpaper, dinding ruang makan menggunakan cat saja. Hal ini dapat pula diterapkan pada lantai.

2.       Membedakan ketinggian lantai
Membedakan ketinggian lantai adalah cara lain yang paling terlihat hasilnya. Dengan tinggi lantai yang berbeda, secara psikologis orang akan menganggap ruang tersebut berbeda. Tak perlu terlalu tinggi, cukup bedakan sekitar 20-40 cm saja.

3.       Membedakan ketinggian plafon
Selain lantai, yang dapat dimainkan adalah ketinggian plafon. Misalnya, di ruang makan anda membuat drop ceiling, plafon yang tingginya diturunkan. Lagi-lagi, secara psikologi, dua ruang yang tak sama ketinggian plafonnya akan terlihat terpisah.

Tabloid Rumah Edisi 263-XI

Tidak ada komentar :