Kamis, 04 April 2013

Sarasehan Selasa Legen ke-42


 Pada malam selasa tanggal 1 april 2013, aku dan teman-teman menghadiri acara sarasehan selasa legen ke-42. Acara tersebut memang selalu rutin diadakan oleh Unnes untuk nguri-nguri kebudayaan jawa. Sarasehan selasa legen biasa dilaksanakan di Auditorium Unnes Kampus Sekaran. Pada selasa legen kali ini mengangkat tema “wahyu keprabon”  yaitu turunnya wahyu kepada seseorang hingga ia menjadi seorang raja. Pembicara pada selasa legen kemarin adalah Ki Sutarko (dalang asal Purworejo) dan Rektor Unnes (Prof. Dr. Sudidjono Sastroatmojo, M. Si).
Acaranya sendiri dimulai pukul 20.00 yang diawali dengan lantunan tembang-tembang macapat. Setalah itu ada hiburan pembacaan geguritan dan tarian tradisional “klana sembunglangu”. Setelah acara hiburan selesai, dilanjutkan dengan sambutan Rektor Unnes Bapak Prof. Dr. Sudidjono Sastroatmojo, M. Si. Sekarang giliran Ki Sutarko memainkan wayang kulit yang berjudul wahyu keprabon.
Ki Sutarko yang sedang memainkan tokoh wayang

Cerita wayang tersebut diawali dari kekosongan tahta di Astina setelah Bharatayuda. Sehingga terjadilah perebutan kekuasaan untuk menguasai kerajaan. Pada akhir cerita, akhirnya Abimanyulah yang mendapatkan wahyu keprabon, sehingga ia menjadi raja Astina selanjutnya. Setelah Ki Sutarko selesai memainkan tokoh wayang dicerita tersebut, maka dibukalah sarasehan kepada semua penonton yang menghadiri selasa legen malam itu. Sarasehan sendiri merupakan forum diskusi tetapi dengan suasana yang santai. Acara akhir ditutup dengan doa yang biasa disebut mahas ing asepi.
Itulah serangkaian acara pada sarasehan selasa legen pada tanggal 1 april 2013 di auditorium Unnes. Menawi wonten klenta-klentunipun, kula nyuwun agunging pangaksami. :)
Salam budaya, salam konservasi.! :D
Video tari klana sembunglangu

Tidak ada komentar :