Selasa, 26 Maret 2013

Budayakan Membaca


 at perpustakaan UNNES

Membaca adalah sebuah aktifitas dimana kita berusaha untuk memahami isi dari bacaan yang sedang kita baca. Di jaman yang sudah maju ini masih banyak para pelajar dan anak muda yang mempunyai minat membaca sangat rendah. Kadang faktor lingkungan sekitar yang membuat para pelajar kurang tertarik dengan aktifitas membaca. Sebenarnya dengan membaca kita dapat mengurangi tingkat ketidaktahuan kita dengan dunia luar.
Memang terkadang membaca adalah sebuah aktifitas yang agak sulit, karena belum tentu pada saat kita membaca, kita akan faham dengan isi bacaan tersebut secara langsung. Seperti halnya aku, aku pernah membaca sebuah paragraf hingga berkali-kali untuk mengetahui apa maksud dari bacaan tersebut.  Tentu saja kejadian tersebut tidak hanya terjadi padaku, teman-teman juga pernah mengalami hal tersebut. Itu semua wajar, karena aktifitas membaca sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi.
Orang yang sudah berkonsentrasi penuh pada buku yang dibacanya, maka orang tersebut akan terbawa kedalam isi buku tersebut. Membaca sangat menyenangkan jika kalian sudah menikmatinya. Kalian bisa terbang ke Hongkong atau menyelam di Samudra Hindia hanya dengan membaca, kalian juga bisa kembali ke masa lampau dimana terjadi perang Dunia I seakan-akan kalian sedang mengendarai mesin waktu. Hal tersebut sungguh asik bukan?
Ironinya masih banyak orang yang belum menyukai membaca. Contohnya adikku, dia masih duduk dibangku SMP dan dia sangat malas sekali untuk membaca, jika sedang membaca buku pelajaran hanya akan bertahan setengah jam paling lama. Tak usah membaca buku pelajaran, buku yang bergambar seperti komik saja dia tidak berminat. Dia hanya berminat dengan musik, sangat ahli bermain organ dan gitar untuk anak seusianya. Jika dibiarkan terus menerus dia akan menjadi orang yang tidak mau mengenal dunia selain musik dan itu tugas untuk orang tua supaya mau menumbuhkan minat membaca anaknya.
Di dunia pendidikan, kita mengetahui empat aspek pokok dalam pembelajaran yaitu membaca, menulis, berbicara dan menyimak. Ke empat aspek tersebut sangat penting utuk diberikan kepada peserta didik dari mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Jika anak ingin pandai menulis sebuah cerita atau berita maka ia harus memperbanyak membaca untuk menambah kosa kata mereka. Cara yang paling mudah untuk membuat anak gemar membaca adalah dengan melatihnya dari kecil. Ajak si anak membaca buku cerita yang penuh dengan gambar-gambar menarik dan mulailah mengenalkan anak dengan huruf-huruf pada saat batita. Itu hanya salah satu cara supaya anak senang dengan kegiatan membaca dan selalu ingin membaca dimanapun mereka berada.
Maka mulai sekarang, kita sebagai generasi penerus yang masih sangat muda dan berpotensi memajukan bangsa ini haruslah membiasakan diri untuk membaca. Tanamkanlah bahwa kalian sangat membutuhkan informasi, pengetahuan, dan wawasan baru dari sebuah buku atau hanya sekedar lembaran kertas. Budayakan membaca sejak dini, ajaklah teman-teman dan anak-anak bangsa lain supaya senang membaca. Tak ada yang tidak mungkin terjadi jika dari diri kita sendiri bertekad dan mau berubah, maka kesuksesan akan ada ditangan kita sebagai generasi penerus bangsa ini.
Budayakan membaca dan brantas ketidak tahuan.!

Tidak ada komentar :