Kamis, 21 Maret 2013

Cegah Demam Berdarah


Musim pancaroba memang musim yang membuat orang harus lebih ektra menjaga kondisi badan. Dengan cuaca yang ektrim di musim pancaroba banyak orang-orang yang terserang gangguan penyakit. Di musim ini, banyak serangga yang mengalami musim kawin dan berkembang biak salah satunya nyamuk. Meningkatnya penderita Demam Berdarah juga meningkat di musim ini. Salah satu korbannya adalah aku, pada pertengahan bulan februari kemarin aku dirujuk ke RS Mitra Keluarga di Tegal dari RS Kardinah karena pada saat itu RS Kardinah penuh. 

 
aku ketika terkena demam berdarah

Sebenarnya jika kita mengenali tanda-tanda demam, maka kita bisa memberi pertolongan pertama. Jika kalian merasa lemas dan suhu tubuh naik hingga 29° maka perbanyaklah minum air putih atau minuman berion seperti pocari. Minum vitamin C atau perbanyak makan buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi sangat dianjurkan oleh Dr. Sunarto Sp.PD. Jangan sampai ada bagian tubuh yang terluka dan membuka sehingga darah dapat keluar, karena jika terjadi pendarahan akan sulit membekunya. Kalian bisa memakan jambu biji merah dan kurma karena buah tersebut dapat meningkatkan trombosit.

                                          poster himbauan pencegahan DB

Tapi jika dari awal bisa dicegah mengapa harus menunggu demam baru ada tindakan. Sebelum anggota keluarga kita terserang demam berdarah, maka bersihkan rumah kita dan lingkungan disekitar rumah kita. Kita bisa mulai dari rajin menguras bak mandi seminggu sekali, jangan lupa beri abate untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. Mulailah menutup tempat-tempat penyimpanan air, mengubur kaleng-kaleng bekas, dan selalu membuang air yang ada di vas bunga. Sedikitpun air yang tergenang dapat menjadi sarang nyamuk untuk bertelor. Perhatikan juga gantungan baju-baju yang ada di rumah karena nyamuk juga menyukai tempat yang rimbun dan gelap. Jika memang masih banyak nyamuk di rumah kalian, gunakanlah alat penangkap nyamuk untuk membantu. Dapat juga memakai obat nyamuk, tetapi jangan terlalu berlebihan karena tidak baik untuk pernafasan kita. Lebih amannya, tanamlah tanaman pengusir nyamuk seperti bunga lavender disekitar rumah kita. Bisa juga dengan menyalakan aroma terapi dengan wewangian yang dapat mengusir nyamuk.
Nah informasi tersebut semoga bisa membuat anggota keluarga anda tidak terserang demam berdarah,  Amin. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati. :)
           Salam Alohaa... :D

Tidak ada komentar :