Rabu, 20 Maret 2013

Tungau Debu Rumah


Debu adalah salah satu penghuni rumah yang sangat berbahaya. Kadang kita selalu menganggap remeh debu yang menumpuk di bufet, korden, kipas angin, dll. Kalian tau gak kalau kebiasaan seperti itu tidak baik untuk kesehatan. Debu jika dibiarkan menumpuk di rumah kita akan mengganggu pernafasan, anak-anak juga bisa terkena alergi jika kebiasan membersihkan rumah jarang dilakukan.
Jangan dikira debu adalah hanya sekadar debu, debu bercampur dengan tungau atau biasa disebut tungau debu rumah. Setiap malam mungkin anda tidur bersama dengan 1,5 juta tungau debu rumah. Makhluk yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang ini memakan kulit manusia yang mengelupas, mereka menyukai kondisi hangat dan lembab, tempat tidur adalah salah satu tempat yang disukainya. Senjata andalannya ada kotorannya (berukuran seperti serbuk sari). Kotoran tungau dapat menyebabkan alergi pada pernafasan seperti bersin-bersin hingga asma. Tungau hidup antara 3-4 bulan, dan setiap harinya tungau menghasilkan sampai 20 kotoran. Hal ini berarti antara 1.800-2.400 kotoran per tungau.
Jika kalian tidak ingin tinggal dan tidur bersama tungau serta kotorannya, maka kalian harus rajin membersihkan tempat tidur sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Jangan lupa mengganti seprai dan sarung bantal minimal 2 minggu sekali. Jangan lupa bersihkan debu dari korden dan karpet yang ada di kamar, bisa menggunakan vacum cleaner dan menggantinya setiap 6 bulan sekali. Jika akan membersihkan debu di bufet-bufet sebaiknya jangan menggunakan sulak, karena dapat membuat berterbangan keseluruh ruangan. Pakailah serbet yang sudah dibasahi sebelumnya.
Jika rumah kalian ingin lebih sejuk lagi, maka tarohlah beberapa tanaman penyerap debu dan polusi seperti lidah mertua disetiap sudut-sudut ruangan. Menyalakan aroma terapi juga dapat membuat rumah anda harum, jadi tidak hanya bersih dan sehat tetapi rumah kalian terasa sejuk dan harum, membuat kalian semakin nyaman berada di rumah sendiri.
Semoga dapat bermanfaat tulisanku ini, selamat bersih-bersih rumah. :)
Salam Alohaa... :D

Tidak ada komentar :