Senin, 18 Maret 2013

Flanel Sepanjang Masa


Ada  yang ga tau flanel itu apa? Kayanya hampir semua orang tau kain flanel deh, kecuali adik bayi.hihi... Kain flanel terbuat dari serat woll, sehingga menghasilkan kain yang lembut dan kuat. Yang kita tahu flanel sering digunakan untuk membuat aksesoris-aksesoris anak perempuan, mainan anak, sampai pelengkap pembuatan baju. Tapi ngomong-ngomong nih gilrs, kalian tahu gak sih kalo kain flanel atau kain felt udah ada sejak jaman daholo. Widih... Nah sekarang flanel tambah ngetren aja semenjak banyak orang-orang kreatif yang memanfaatin flanel untuk dibuat hiasan dan aksesoris. Banyak orang-orang yang tertarik dengan flanel, karena harganya yang terjangkau, warnanya pun beraneka warni. Orang-orang tentunya bisa mencoba membuat aksesoris dari flanel sendiri di rumah.
Alat-alat dan bahan yang dibutuhin juga gampang didapat ditoko-toko jahitan. Kalian tinggal nyiapin beberapa warna kain flanel, jarum, benang, dakron, lem tembak, manik-manik, sampai tali cord. Untuk saran aja, sebelum kalian memulai membuat aksesoris alangkah lebih baiknya kalian belajar menjahit dipotongan kecil flanel. Setelah kalian cukup mahir menjahit, maka mulailah membuat pola yang kalian inginkan dikain flanel tersebut, jangan lupa membuat 2 pola sekaligus. Setelah memotong pola, mulailah menjahit pinggirannya, sisakan sedikit ruang untuk memasukan dakron kedalam flanel. Setelah flanel terisi penuh dengan dakron, jahit kembali flanel tersebut sampai rapat. Untuk selanjutnya kalian bisa menghias flanel tersebut sesuai keinginan.
Pertamakali mengenal flanel, aku mencoba-coba membuat hiasan dari flanel seperti bross dan aku terinspirasi untuk membuat papan nama untuk digantung didepan kamar atau sebagai hiasan saja. Ketika itu aku berfikir untuk membuat Stitch, salah satu tokoh Disney. Setelah membuatnya dengan susah payah, akhirnya jadi juga papan nama pertamaku. Dibawah ini adalah foto papan nama yang aku buat, walau belum sempurna tapi sudah sangat memuaskan untuk karya pertama aku.hehe
Gak disangka-sangka bikinanku itu banyak yang suka, temen-temen kuliah langsung banyak yang pesen. Alhamdulillah dari situ aku bisa nambah uang jajan sendiri walau jumlahnya ga banyak tapi harus disyukuri karena uang itu hasil dari kerja keras aku sendiri.
Dibawah ini adalah dua foto papan nama dari banyaknya pesenan teman-temanku.hehe... Males upload banyak-banyak, kalau mau liat bisa liat di facebook aku. 
Cukup segitu dari aku, semoga tulisan ini bisa memberi manfaat untuk kalian semua.
Salam Alohaa... :D

Tidak ada komentar :